Indonesia? Emmmm, WOW Gitu Deh

Bicara soal Indonesia? Yah, banyak sekali yang akan kita bicarakan. Sekali lagi, b-a-n-y-a-k s-e-k-a-l-i. Mulai dari urusan kebun ganja tersembunyi di Aceh, orang Samin yang katanya suka bertingkah nyeleneh dang seenaknya, orang Madura yang identik dengan sate dan cukur rambut, sampai koteka yang sering dijadikan bahan lelucon.

 

Indonesia itu diibaratkan semacam hutan heterogen atau modernnya yah supermarket serba ada. Dimana lagi bisa melihat anak manusia-manusia yang rumahnya tergenang banjir lalu masih ketawa-ketiwi berebut nampang di tivi, sekelompok pria yang minum kopi dengan gelas yang terbalik, serombongan ibu-ibu yang masak besar ramai-ramai saat tetangga kondangan, anak kecil yang digotong ramai-ramai di atas sisingaan, sepasang pria bertubuh kekar yang saling adu pecut, atau sekelompok muda-mudi yang beramai-ramai saling ciuman, tapi dengan malu-malu mau? Yah itu baru beberapa saja yang kutahu karena belum semua bagian negeri ini kujelajahi, dan melihat sudut Nusantara lalu menceritakannya pada banyak orang memang kemudian jadi salah satu energi hidupku.

 

Makanya aku suka Indonesia. Banyak sekali yang berbeda, tak membikin jemu. Bayangkan kalau Indonesia ini jadi… ah aku tak mau melanjutkan, terlalu miris. Nanti ga menarik lagi, no more wonderful. Yuk ah kita nikmati saja Indonesia saja yang sekarang, bagaimana?

 

© Shesar_Andriawan

4 November 2012,

beberapa jam sebelum pergantian hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s